Headlines News :
Home » » Amaliah Bulan Muharram

Amaliah Bulan Muharram

Written By Ma'had Anwaruttaufiq on Selasa, 13 November 2012 | 21.03



       Hari demi hari telah berlalu, tanpa terasa kita sekarang sudah berada di penghujung akhir tahun dan tak lama lagi kita akan berjumpa dengan salah satu dari Asyhurul Hurum yaitu bulan Muharram yang merupakan bulan pertama daripada tahun Hijriah. Sebagai salah satu daripada Asyhurul Hurum, bulan Muharram tentunya memiliki beberapa fadhilah yang teramat banyak. Untuk menyambut kedatangan bulan yang mulia tersebut, hendaknya kita harus terlebih dahulu mengetahui beberapa amaliah-amaliah yang disunnahkan pada bulan Muharram yaitu :

1) Berpuasa akhir dan awal tahun

       Mengenai keutamaan puasa akhir dan awal tahun, Al-Hafidz Ibnu Hajar telah meriwayatkan dari Sayyidah Hafisah RA. Dari Nabi SAW beliau bersabda :

من صام أخـر يوم من ذي الحجة وأول من المحرم جعـله الله تعالى له كفارة خمسين سنة وصوم يوم من المحرم بصوم ثلاثين يوم

“ Barangsiapa berpuasa di hari terakhir Dzulhijjah dan awal bulan Muharram, maka Allah Ta’ala menjadikannya sebagai pelebur dosa 50 tahun. Dan puasa sehari di bulan Muharram setara dengan puasa 30 hari di selainnya.”

2) Membaca Do’a Awal dan Akhir Tahun

       Hal ini biasa dilakukan oleh para Salafunas Sholih dan juga Orang tua kita dahulu, tiada lain adalah agar kita bisa mengakhiri tahun dengan Husnul Khotimah yakni menutup tahun dengan ibadah berupa Zikir dan Do’a kepada Allah. Selain itu juga kita membuka awal tahun dengan Doa supaya Allah memberi rahmat dan keberkahan sepanjang tahun kepada kita.

3) Berpuasa di hari Kamis, Jum’at dan Sabtu

       Berkata Imam Ghazali dalam kitabnya Ihya ‘Ulumuddin, Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda:

من صام ثلاثة ايام من شهر الحرام : الخميس والجمعة والسبت كتب الله تعالى عبادة سبعمائة عام
“ Barangsiapa berpuasa 3 hari di bulan-bulan haram yakni hari Kamis, Jum’at dan Sabtu berturut-turut, maka Allah Ta’ala akan menulis baginya Ibadah 700 tahun.”

4) Membaca Ayat Kursi dan Do’a

       Berkata Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan, telah menyebutkan sebagian Ulama: Sesungguhnya di hari pertama bulan Muharram hendaknya membaca Ayat kursi sebanyak 360x beserta Basmalah tiap sekalinya dan juga membaca Do’a, maka dia akan terjaga dari hal-hal yang tidak disenangi selama satu tahun. Maka setelah membaca seluruhnya hendaklah membaca Do’a berikut :

اَلّلهُمَّ يَا مُحَوِّلَ الأَحْوَالِ حَوِّّلْ حَالِيْ إِلىَ اَحْسَنِ الأَحْوَالِ بِحَوْلِكَ وَقَوْلِكَ يَاعَزِيْزُ يَامُتَعاَلُ, وصلى الله تعالى على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم
5) Menulis Basmallah 113x di awal Muharram

       Dengan mengerjakan hal tersebut maka hal-hal yang dibenci tidak akan mengenainya maupun keluarganya. Dan siapa yang menulis lafadz الرحمن 50x dan membawanya, jika bertemu dengan hakim atau penguasa yang dzolim maka ia akan aman dari kejelekannya (dari kitab “Do’a dan Amaliah sepanjang tahun oleh Ust Ali Muhtar)

       Selain dari yang diatas, masih banyak lagi amaliah-amaliah yang bisa kita lakukan di bulan Muharram, baik amaliah yang berhubungan dengan Allah Ta’ala seperti memperbanyak puasa, shalat malam, membaca Al-Qur’an maupun amaliah terhadap sesama manusia seperti shodaqoh, menyantuni anak yatim dan kaum Dhuafa, dan lain sebagainya.



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Copyright © 2013. Anwaruttaufiq - All Rights Reserved