Archive Pages Design$type=blogging

KEMULIAAN PERAYAAN MAULID NABI SAW



Bulan Rabi'ul Awal sudah didepan mata, bulan dimana dilahirkannya Seorang makhluk yang sempurna Nabi Muhammad SAW. Setiap tahun perayaan maulid seolah kian semarak diadakan di berbagai negeri muslim. Fenomena ini menjadi bukti kecintaan kaum muslimin terhadap Nabi besar mereka. Namun pihak-pihak yang sinis terhadap acara ini masih belum mau menerima kenyataan ini. Secara membabi buta mereka mengecam keras sebagian besar kaum muslimin yang merayakan maulid nabi. Meski dalil yang mereka ajukan mengambang, mereka terus menyesatkan dan mengkafirkan kegiatan maulid dan mauludan ini.


Fatwa seorang ulama besar Assyeikh Al Hafidz Assuyuthi menerangkan bahwa mengadakan perayaan maulid Nabi Muhammad SAW, dengan cara mengumpulkan banyak orang dan dibacakan ayat-ayat alqur'an dan diterangkan (Diuraikan) didalamnya sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW mulai dari lahirnya beliau hingga wafatnya, dan diadakan pula sedekah berupa makanan dan hidangan lainnya tanpa berlebih-lebihan didalamnya adalah perbuatan bid'ah hasanah, dan mendapatkan pahala bagi mereka yang mengadakannya dan menghadirinya sebagai wujud rasa cinta dan kegembiraannya kepada Nabi Muhammad SAW, karena didalam hadits disebutkan :



"Barang siapa yang mencintaiku maka ia akan bersamaku kelak nanti di surga"

Didalam kitab "Anwarul Muhammadiyyah" karangan Syeikh Yusuf Bin Isma'il An-Nabhani Rahimahullah, diterangkan bahwa pada saat kelahiran Nabi Muhammad SAW, seorang budak wanita milik Abu Lahab (Tokoh kafir Quraiys) yang bernama Tsuwaibah membawa kabar gembira kepada Abu Lahab tentang kelahiran Nabi Muhammad SAW. Betapa senangnya Abu Lahab mendengar berita lahirnya keponakannya itu, Karena senangnya Abu Lahab mendapat berita itu, spontan budak wanitanya yang bernama Tsuwaibah itu dibebaskan dan dihadiahkan kepada Siti Aminah : Ibunda Muhammad Saw untuk menyusui bayinya tersebut. Ketika Abu Lahab telah meninggal dunia seorang sahabat Nabi ada yang bertemu dalam mimpinya dan menanyakan tentang nasibnya di akhirat.
Abu Lahab menjawab: Saya disiksa selama-lamanya karena kekafiran saya tetapi pada tiap-tiap hari senin saya diberi keringanan dari siksaan bahkan aku bisa mencium dua jari tanganku dan bisa keluar airnya untuk saya minum. Dan ketika ditanya: mengapa bisa demikian? Abu Lahab menjawab: Ini adalah merupakan hadiah dari Allah karena kegembiraanku pada saat kelahiran Nabi Muhammad Saw.

Dalam sebuah hadits dikatakan:

“Barang siapa yang memulyakan / memperingati hari kelahiranku maka aku akan memberinya syafa’at pada hari kiamat. Dan barang siapa memberikan infaq satu dirham untuk memperingati kelahiranku, maka akan diberi pahala seperti memberikan infaq emas sebesar gunung fi sabilillah."

Sahabat Abu Bakar Ash-Shidiq berkata:

“Barang siapa yang memberikan infaq satu dirham untuk memperingati kelahiran Nabi Saw akan menjadi temanku masuk surga”


Sahabat Umar Bin Khoththob berkata:

“Barang siapa yang memuliakan / memperingati kelahiran Nabi Saw, berarti telah menghidupkan Islam”

Sahabat Ali Bin Abi Tholib berkata:

“Barang siapa yang memuliakan / memperingati kelahiran Nabi Saw, apabila pergi meninggalkan dunia pergi dengan membawa iman”.

Melihat besarnya pahala tersebut maka banyaklah kaum muslimn muslimat yang selalu melahirkan rasa cintanya kepada Nabi dan mengagungkan hari kelahiran Nabi dengan cara-cara yang terpuji seperti pada tiap-tiap malam Senin atau malam Jum’at mengadakan jama’ah membaca kitab Al- Barzanji, sholawat maulud, dan ada pula yang menyediakan tabungan yang berwujud uang hasil tanaman atau sebagian gajinya untuk kepentingan memperingati kelahiran Nabi Saw.

Perintis Peringatan Maulid Nabi

Peringatan Maulud Nabi sudah diadakan oleh kalangan umat Islam sejak pada kurun ketiga atau tiga ratus tahun setelah hijrah Nabi, yang pada saat itu kondisi umat Islam mulai rusak dalam berbagai hal.

Tokoh pemerintahan yang pertama kali menyelenggarakan peringatan Maulud Nabi adalah Penguasa Irbil Raja Mudzaffar Abu said Al Kukburi bin Zainuddin Ali bin Buktikin. Beliau adalah Raja yang cerdas ahli strategi di bidang pemerintahan, pemurah, alim dan adil. Saat itu pemerintahannya terasa kurang stabil, rakyatnya mulai banyak meninggalkan syariat agamanya, akhlaqnya mulai rusak, mulai terjadi banyak kerusuhan-kerusuhan dan kemaksiatan- kemaksiatan.

Raja Mudzaffar berinisiatif menyelenggarakan peringatan Maulid nabi setiap bulan Robi’ul Awal secara besar-besaran, dengan mengumpulakan semua masyarakat dari tokoh-tokohnya sampai rakyat kecil. Pada peringatan Maulid itu disampaikan penjelasan tentang sejarah dan perjuangan, serta keteladanan Nabi Muhammad SAW sejak lahir sampai wafatnya. Seorang ulama’ besar Syekh Al Hafidz Ibnu Dahyah yang mengarang kitab tentang sejarah Nabi yang diberi nama At-Tanwir fi Maulidil Basyir An-Nadzir, diberi hadiah oleh Raja 1000 dinar.

Setelah diadakan peringatan Maulid Nabi SAW tersebut, pemerintahan kembali stabil, semangat pengamalan agamanya makin baik, negaranya aman, tentram dan bertambah makmur. Sesuai dengan Firman Allah SWT:

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah kami (Allah) akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu, maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (QS: Al A’raf :96).

Anjuran memperingati Maulid Nabi

Anjuran supaya memperingati Maulid Nabi sudah diisyaratkan oleh Allah SWT, dan oleh nabi sendiri. Firman Allah surat Al A’rof: 157:
Termasuk orang-orang yang memulyakan (dalam ayat ini) adalah orang-orang yang memperingati Maulid Nabi SAW, yang membaca Barzanji, Marhaban, Burdah, syair-syair dan qosidah-qosidah dan pengajian-pengajian, kalau dimaksudkan untuk memulyakan Nabi, maka akan mendapat pahala yang banyak dan akan beruntung.

Nabi Muhammad saw juga sudah memberikan isyarat tentang perlunya memperingati kelahiran Nabi sebagaimana hadis riwayat Muslim yang bersumber dari Abu Qotadah Al Anshory r.a:

“Sesungguhnya Rosulullah saw ditanya seorang sahabat tentang puasa hari Senin, maka beliau menjawab, sebab di hari Senin itu hari kelahiranku, dan wahyu diturunkan kepadaku”. ( HR. Muslim). Dari hadis ini Nabi sendiri juga memulyakan hari kelahirannya, dengan berpuasa (amal yang baik).

Beberapa pendapat tentang memperingati Maulid Nabi saw

Di kalangan umat Islam ada beberapa pemahaman tentang memperingati Maulid nabi saw:


1. Golongan yang terbesar, yaitu yang merayakan Maulid Nabi setiap bulan Robi’ul Awwal, bahkan di bulan-bulan yang lain atau tiap-tiap malam Senin atau Jum’at dengan membaca Barzanji, membaca Marhaban dan kitab-kitab Maulid lainnya, sebagaimana yang biasa diamalkan umat Islam sejak dahulu. Golongan ini ada yang hanya membaca Barzanji saja, atau ada pula yang diteruskan dengan pengajian atau ceramah tentang riwayat dan perjuangan Nabi. Semua itu dengan maksud untuk melahirkan kecintaannya kepada nabi Muhammad saw.


2. Golongan umat Islam yang nerayakan maulid nabi tiap Bulan Robiul Awal, tetapi tidak dengan membaca Barzanji, tidak membaca Marhaban, atau kitab-kitab Maulid lainnya, karena dianggap tidak ada tuntunannya.

3. Golongan yang ekstrim, yaitu tidak mau merayakan peringatan maulid Nabi sama sekali, karena hal itu dianggap bid’ah yang harus ditinggalkan.

Foto : Acara Maulid di Ponpes Anwaruttaufiq setiap hari senin dan kamis ba'da maghrib

COMMENTS

Name

artikel Fiqih kategori 1 profil Sejarah
false
ltr
item
Pondok Pesantren Anwarut Taufiq: KEMULIAAN PERAYAAN MAULID NABI SAW
KEMULIAAN PERAYAAN MAULID NABI SAW
kemuliaan maulid nabi
http://1.bp.blogspot.com/-SURDmf9fpsA/ViSiXfLXx7I/AAAAAAAABDU/Tz9zDd0TREk/s320/SAM_0669.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-SURDmf9fpsA/ViSiXfLXx7I/AAAAAAAABDU/Tz9zDd0TREk/s72-c/SAM_0669.jpg
Pondok Pesantren Anwarut Taufiq
http://www.anwaruttaufiq.com/2015/10/kemuliaan-perayaan-maulid-nabi-saw.html
http://www.anwaruttaufiq.com/
http://www.anwaruttaufiq.com/
http://www.anwaruttaufiq.com/2015/10/kemuliaan-perayaan-maulid-nabi-saw.html
true
3872576872173101298
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago