Archive Pages Design$type=blogging

HAJI YANG KAYA RAYA DAN SEDEKAH NYA

   "Selepas sholat maghrib, orang-orang berkumpul untuk mendengarkan tausyiah agama. Hari minggu ba'da maghrib, adalah jadwal Habib Jamal Ba'agil untuk memberi tausyiah pada suatu masjid di daerah Batu. Sejenak, Habib Muda itu sudah dikelilingi oleh banyak orang yang siap mengambil faedah dari Beliau. Terlihat mereka sangat antusias untuk mendengarkan ceramah dari Beliau.

    Pertama yang dibahas oleh Beliau adalah tentang sifat sombong, kemudian berganti kepada pembahasan tentang anjuran agar kita menyembunyikan amal baik dan jangan mengungkit-ungkit kebaikan yang telah kita lakukan.
    Berikut beberapa kutipan ceramah Beliau,; "Ketahuilah hadirin, bahwa sifat itu(Suka mengungkit amal baik) adalah sifat yang tidak pantas dan tidak baik untuk manusia, bahkan kita dianjurkan untuk melupakan kebaikan yang telah kita lakukan.Supaya hilang perasaan riya' dari dalam diri kita. Bahkan ,jika kita memberi atau pun bersedekah, kalau bisa sembunyikan ,jangan di tampak-tampakan. Karena termasuk dari 7 golongan yang akan di naungi oleh Allah, di hari dimana tiada naungan selain naungan-Nya, adalah seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya dan tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanan.(Ini adalah perumpamaan yang sangat, yang intinya, kita dianjurakan bersedekah secara sembunyi, agar kita terhindar dari sifat riya').

     Kemudian Habib Jamal bercerita mengenai orang-orang yang bersedekah secara sembunyi, berikut ceritanya, : "Dulu saya pernah diundang pak..."Kata Habib Jamal"
Diundang pada acara Haul di daerah Gresik, sebelum saya memberi ceramah, saya diajak oleh orang yang mengundang ( sohibul bait)  untuk pergi kerumahnya. 

    Kemudian dia bercerita kepada saya : "Bib, saya sewaktu selesai mondok, kemudian saya pindah kesini Bib. Di daerah sini dulu tidak ada sama sekali tpq ataupun madrasah. Namun, Alhamdulillah Bib, setelah saya menetap dan mengisi pengajian di sini, akhirnya ada satu orang yang mewaqofkan tanahnya untuk dibangun madrasah. akhirnya saya mengurus tanah tersebut, ke sana-sini saya mencari dana untuk menyempurnakan bangunan madrasah di atas tanah waqof tersebut. Dan saya dengar Bib, kalau di daerah sekitar tanah itu, ada Haji yang kaya raya. Saya pun  bicara kepadanya supaya dia berkontribusi dalam membangun madrasah, namun setiap kali saya meminta dana, dia selalu menjawab "InsyaAllah nanti saya bantu". Jawabnanya selalu begitu Bib, saya pun jadi males sama Haji itu Bib, dan gak pernah lagi saya meminta dana kepadanya," Kulo mentolo ae Bib, ndungakno Haji iku ben cepet mati" Kata orang tersebut.

     Lanjut cerita, : " Namun Alhamdulillah Bib, semenjak saya pindah ke rumah di dekat tanah waqof itu, setiap bulan pasti ada yang mengirim saya sembako, dan itu pasti Bib, gak pernah telat. Saya sempat tanya kepada penjual sembako itu Bib, tentang siapa yang setiap bulan ngirim saya sembako. Namun, mesti jawaban dari tukang itu:" Rahasia, kamu gak boleh tahu".
    Saya khusnudzon saja Bib, ya saya kira penjual sembako tersebut yang sodaqoh kepada saya. Setelah beberapa waktu Bib, Haji kaya raya itu meninggal Bib, dan saya disuruh ngimami solat jenazahnya, namun dalam hati saya terasa gak enak kan Bib, karena yang saya solati ini adalah orang yang gak mau memberi dana untuk madrasah.

    "Akhirnya Bib, pas tiba awal bulan kok gak ada kiriman sembako, lewat satu hari , dua hari , kok tetap tidak ada..?
Akhirnya saya tanya kepada penjual sembako : "Pak sampean lupa ta ? sekarang sudah awal bulan, mana sembakonya?
Dia jawab :"Ehhh, tunggu dulu, sembako sudah putus buatmu, dulu ada yang bayar, namun sekarang sudah tidak ada..."
Saya bingung Bib, siapa orangnya, akhirnya saya bertanya ke penjual ?
Kata penjual itu :" Ya Haji yang kaya itu yang setiap bulan memberimu sembako, dia nyuruh ngasih sembako kepadamu, dan jangan sampai ada yang tahu, kalau sampai ada yang tahu, maka putus sembako..."

   "Astagfirullah..." saya nyesel Bib, pernah berprasangka buruk kepada haji itu..."kata sohibul bait"

   Kemudian Habib Jamal Bertanya :" Masya Allah, terus hubungannya sama saya apa kok sampean cerita begini kepada saya...?
Sohibul bait menjawab : " Ya orang yang di-Hauli ini adalah Haji itu Bib, saya niat membuat Haul untuk Haji itu, setelah saya mengetahu kebaikannya Bib..."

"Masya Allah"
Hikmah dari cerita tersebut :
1.Indahnya bersedekah secara sembunyi
2. Kita harus mendoakan baik kepada orang lain.
3. Kita harus berkhusnudzon kepada orang lain.

COMMENTS

Name

artikel Fiqih kategori 1 profil Sejarah
false
ltr
item
Pondok Pesantren Anwarut Taufiq: HAJI YANG KAYA RAYA DAN SEDEKAH NYA
HAJI YANG KAYA RAYA DAN SEDEKAH NYA
https://2.bp.blogspot.com/-FwupeVJMxsA/V7uAsxx-utI/AAAAAAAABhU/CTKjpscfHeoE0Laj2oJEtqbjjDU3Rn6swCLcB/s320/Cp8bEjGVYAAQvh_.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-FwupeVJMxsA/V7uAsxx-utI/AAAAAAAABhU/CTKjpscfHeoE0Laj2oJEtqbjjDU3Rn6swCLcB/s72-c/Cp8bEjGVYAAQvh_.jpg
Pondok Pesantren Anwarut Taufiq
http://www.anwaruttaufiq.com/2016/08/haji-yang-kaya-raya-dan-sedekah-nya.html
http://www.anwaruttaufiq.com/
http://www.anwaruttaufiq.com/
http://www.anwaruttaufiq.com/2016/08/haji-yang-kaya-raya-dan-sedekah-nya.html
true
3872576872173101298
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago